Do-It Edukasi SMA Master Depok tentang Pentingnya Perencanaan Biaya Pendidikan



Berdasarkan angka partisipasi kasar (APK) pendidikan tinggi Indonesia yang dilansir oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), angka APK di Indonesia masih berada si kisaran 34,5 persen dan masih ada sekitar 65,5 persen penduduk usia kuliah yang belum mengenyam pendidikan tinggi. Salah satu alasan dari masalah tersebut adalah karena masih adanya kendala finansial.

Do-It sebagai perusahaan yang bergerak di bidang P2P Lending berinisiatif untuk memberikan motivasi dan pembekalan pada siswa-siswi SMA Master Depok mengenai pentingnya melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Edukasi yang diberikan juga diikuti oleh sosialisasi pembuatan perencanaan keuangan untuk mempersiapkan biaya ke perguruan tinggi. Mengingat biaya yang dibutuhkan untuk melanjutkan jenjang pendidikan ke dunia perkuliahan tidak sedikit, maka perencanaan keuangan sangatlah penting. Selain itu, Do-It juga membagikan pengetahuan pada siswa-siswi SMA Master mengenai beasiswa yang tersedia di perguruan tinggi.

Sekolah Master merupakan sebuah harapan bagi anak-anak jalanan dan yang berasal dari keluarga kurang mampu untuk tetap dapat bersekolah. Para siswa tetap memiliki semangat dan juga mimpi yang tinggi untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi demi meraih asa. “Acara kali ini sangat memotivasi, terutama untuk anak-anak yang ingin melanjutkan kuliah dan kami juga baru kepikiran kalau mengelola uang di SMA dengan di kuliah nanti sangat berbeda, jumlah yang dibutuhkan pun juga berbeda”, ujar Fanesa, siswa kelas 11 yang bercita-cita untuk belajar Psikologi di Universitas Indonesia atau Universitas Gajah Mada. “Kegiatan edukasi finansial yang kami lakukan disambut baik oleh siswa-siswi di SMA Master Depok dan kami berharap apa yang kami bagikan dapat diterapkan oleh para peserta”, ujar Okke salah satu perwakilan dari Do-It.